SUBHANALLAH: INILAH MISTERI DIBALIK USIA 40 TAHUN SAMPAI ALLAH MENGISYARATKAN HAMBANYA SAAT DI USIA INI...


Beberapa orang yg tidak mengerti kalau Al-Qur’an mengulas tentang umur 40 th.. Hal semacam ini sebagai pertanda kalau ada hal yang butuh di perhatikan dengan serius pada pembahasan umur 40 th. ini. Allah Ta’ala berfirman, “Apabila dia sudah dewasa serta usianya sampai empat puluh th., ia berdo’a, “Ya Rabb-ku, tunjukkanlah kepadaku jalan untuk mensyukuri nikmat Engkau yang sudah Engkau berikan kepadaku serta pada ke-2 orangtuaku serta agar saya bisa berbuat amal yang shaleh yang engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan (berikan kebaikan) pada anak cucuku. Sebenarnya saya bertaubat pada Engkau serta sebenarnya saya termasuk juga beberapa orang muslim. ” (QS. Al-Ahqaf : 15)

Umur 40 th. dijelaskan dengan terang dalam ayat ini. Pada umur berikut manusia meraih puncak kehidupannya baik dari sisi fisik, intelektual, emosi, ataupun spiritualnya. Ia betul-betul sudah meninggalkan umur mudanya serta melangkah ke umur dewasa yang sebenar-benarnya. Do’a yang ada dalam ayat itu disarankan untuk di baca oleh mereka yang berumur 40 th. atau lebih. Di dalamnya terdapat penjelasan yang pasti kalau mereka sudah terima nikmat yang prima, kecenderungan untuk beramal yang positif, sudah memiliki keluarga yang serasi, kecenderungan untuk bertaubat serta kembali kepada Allah Ta’ala.

Pada ayat yang lain Allah Ta’ala berfirman : “Apakah Kami tak memanjangkan umurmu dalam saat yang cukup untuk berpikir untuk beberapa orang yang ingin berpikir, serta (apakah tak) datang padamu pemberi peringatan? ” (QS. Fathir : 37)

Beberapa ulama salaf menerangkan kalau yang disebut dengan “umur panjang dalam saat yang cukup untuk berfikir” dalam ayat itu yaitu saat berumur 40 th..

Imam Ibnu Katsir menerangkan kalau ayat itu memberi panduan kalau manusia jika mendekati umur 40 th. sebaiknya memperbarui taubat serta kembali pada Allah dengan bersungguh-sungguh. Jika hal semacam itu berlaku mendekati umur 40 th., jadi Allah memberi janji-Nya dalam ayat sesudahnya, yakni kematangan. Umur 40 th. yaitu umur masak untuk kita bersungguh-sungguh dalam kehidupan. Menghimpun pengalaman, menajamkan hikmah serta kebijaksanaan, buang kejahilan saat umur muda, lebih waspada, lihat suatu hal dengan hikmah serta penuh riset. Jadi tak heran tokoh-tokoh pemimpin nampak dengan cara masak pada umur ini. Bahkan juga Nabi kita terkasih, Muhammad SAW juga sekian. Seperti yang dijelaskan oleh Ibnu Abbas, “Diutusnya Rasulullah (yakni) pada umur 40 th.. ” www.poskesehatan.com (HR. Al-Bukhari).

Nabi Muhammad SAW diutus jadi nabi pas pada umur 40 th.. Begitu halnya nabi-nabi yang lain, kecuali Nabi Isa AS serta Nabi Yahya AS. Sebagian besar negara juga mensyaratkan untuk calon-calon yang bakal menduduki jabatan-jabatan elit seperti ketua negara, mesti sudah berumur 40 th.. Orang-orang juga mengaku kalau mantabnya prestasi seorang ketika orang itu sudah berumur 40 th..

Kenapa usia 40 th. demikian utama?

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah umur manusia diklasifikasikan jadi 4 (empat) periode, yakni : (1) Anak-anak (aulad) ; mulai sejak lahir sampai akil baligh, (2) Pemuda (syabab) ; mulai sejak akil baligh sampai 40 th., (3) Dewasa (kuhul) ; 40 th. sampai 60 th., (4) Tua (syuyukh) ; 60 th. ke atas.

Umur 40 th. yaitu umur saat manusia betul-betul meninggalkan saat mudanya serta berpindah pada saat dewasa prima. Fakta yang paling menarik pada umur 40 th. ini yaitu


meningkatnya ketertarikan seorang pada agamanya yang semasa mudanya jauh sekali dengan agamanya. Baik dengan menggerakkan keharusan shalat lima waktunya dengan berjama’ah serta pas saat, perbanyak sedekah, menutupi auratnya, atau dengan ikuti kajian-kajian keagamaan. Seakan-akan di umur ini adalah momentum kembalinya manusia pada fitrahnya. Tetapi bila ada orang yang sudah meraih umur ini, akan tetapi tak ada ketertarikan pada agamanya, jadi hal semacam ini sebagai tandanya yang jelek dari kesudahan umurnya didunia. Wal iyaadzu billaah.

Satu diantara kelebihan umur 40 th. tercermin dari sabda Rasulullah SAW, “Seorang hamba muslim jika usianya meraih 40 th., Allah bakal memperingan hisabnya (perhitungan amalnya). ” (HR. Ahmad)

Hadits ini mengatakan kalau umur 40 th. adalah titik awal seorang mempunyai prinsip pada penghambaan pada Allah Ta’ala, sekalian berkelanjutan pada Islam, hingga Allah Ta’ala juga bakal memperingan hisabnya. Berikut kelebihan orang yang meraih umur 40 th.. Walau demikian, umur 40 th. adalah waktu dimana orang mesti waspada juga. Seperti saat, orang yang berusia 40 th. mungkin saja telah masuk saat senja.

Abdullah bin Abbas menyampaikan, “Barangsiapa meraih umur 40 th. serta amal kebajikannya tak mantab serta tidak bisa menaklukkan amal keburukannya, jadi sebaiknya ia bersiap-siap ke neraka. ”

Imam Asy-Syafi’i ketika meraih umur 40 th., beliau jalan sembari menggunakan tongkat. Bila di tanya, jadi beliau menjawab, “Agar saya ingat kalau saya yaitu musafir. Untuk Allah, saya lihat diriku saat ini seperti seekor burung yang dipenjara didalam sangkar. Lantas burung itu terlepas di hawa, terkecuali telapak kakinya saja yang masihlah tertambat dalam sangkar. Komitmenku saat ini seperti itu juga. Saya tak mempunyai beberapa bekas syahwat untuk menetap tinggal didunia. Saya tak sudi sahabat-sahabatku memberiku sedikit juga sedekah dari dunia. Saya juga tak sudi mereka mengingatkanku sedikit juga mengenai hiruk pikuk dunia, terkecuali hal yang menurut syari’at umum bagiku. ”

Kematian Dapat Datang Kapan Saja

Satu perkara yang kita mesti selalu kita sadari kalau kematian dapat memanggil kita setiap saat tanpa ada sinyal, tanpa ada alamat serta tanpa ada menduga umur. Bila kita berasumsi mesti menanti umur 40 th. untuk mulai melakukan perbaikan diri, jadi rugi serta percuma lah hidup kita bila nyatanya usia kita tak panjang.

Oleh karena itu, di beberapa bekas umur kita ini, marilah kita mulai berbenah diri, meneguhkan maksud hidup, tingkatkan daya spiritual, perbanyak bersukur, melindungi makan serta tidur, dan melindungi keistiqamahan serta berupaya tingkatkan kwalitas dalam melaksanakan ibadah.

Banyak manusia yang tertipu dengan keindahan dunia serta berisi yang berbentuk sesaat. Mengingati mati bukanlah bermakna kita bakal tidak berhasil didunia ini. Walau demikian dengan mengingati mati kita mengharapkan jadi insan yang berjaya didunia serta di akhirat nantinya. Jangan sampai menanti sampai besok untuk bikin persediaan hadapi kematian, lantaran mati bisa datang setiap saat.

Pada akhirnya, mudah-mudahan kita dapat mengoptimalkan beberapa bekas usia kita ini untuk perbanyak amal shaleh. Mari kita beritau sahabat muslim yang lainnya dengan cara share.

0 Response to "SUBHANALLAH: INILAH MISTERI DIBALIK USIA 40 TAHUN SAMPAI ALLAH MENGISYARATKAN HAMBANYA SAAT DI USIA INI..."

Post a Comment